Beragam Tradisi Budaya Pernikahan Mancanegara

Jika membicarakan pernikahan, sama dengan membicarakan perpaduan minimal dua budaya yang berbeda dari dua keluarga besar calon pengantin. Dan tentunya setiap suku bangsa dan negara memiliki budaya dan kepercayaan yang berbeda berkenaan dengan pernikahan. Anda dapat memasukkan beberapa jenis unsur budaya pernikahan, bukan hanya karena budaya tersebut merupakan latar belakang keluarga Anda, melainkan mungkin karena Anda merasa simbol-simbol tersebut menarik dan menyenangkan.

Kesetaraan calon mempelai pria dan wanita dalam pernikahan

Mempelai wanita bukan hanya menjadi seorang yang berhak mendapatkan perhiasan pernikahan. Pengantin pria di Italia, Jerman dan Yunani seringkali mendapatkan gelang emas pada acara pertunangan mereka untuk bergabung dengan cincin pernikahan yang akan dikenakan saat upacara pernikahan. Menurut budaya di Yunani, cincin pernikahan akan dikenakan di tangan kiri saat acara pertunangan dan berpindah ke tangan kanan saat pernikahan berlangsung.

Memilih tanggal pernikahan

Apabila bagi sebagian orang memilih tanggal pernikahan merupakan pekerjaan mudah, tergantung dari tanggal tersedianya tempat favorit yang mereka pilih untuk pernikahan, namun tidak demikian bagi pasangan lainnya. Di India dan sebagian besar negara Asia, tanggal pernikahan dipilih oleh calon pengantin beserta keluarga besarnya. Sesepuh di keluarga, ahli ramal, pendeta atau astrologis didapuk untuk dapat menemukan tanggal yang dianggap sebagai ‘tanggal keberuntungan’. Hari baik tersebut diperhitungkan berdasarkan beberapa hal seperti tanggal lahir, fase bulan dan sebagainya.

Tradisi cincin pernikahan

Apabila tanggal keberuntungan itu jatuh di hari biasa (bukan akhir pekan), maka biasanya dilangsungkan dua kali perayaan pernikahan: satu perayaan bersama keluarga di tanggal keberuntungan tersebut, dan perayaan yang lebih besar bersama keluarga dan kerabat di akhir pekan. Setelah Anda menentukan tanggal yang paling tepat, Anda dapat mengikuti langkah selanjutnya berdasarkan tradisi budaya pernikahan Asia dan mengirim undangan yang didominasi kombinasi warna merah dan emas sebagai warna yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.
Tradisi undangan pernikahan

Persiapan prewedding

Calon mempelai wanita yang ingin menenangkan dirinya dari berbagai kekuatiran menjelang pernikahan dapat mengunjungi spa dan secara naluriah mengambil kebiasaan dari Maroko yaitu menikmati mandi susu untuk memurnikan dirinya sebelum perayaan. Setelah itu biasanya dilanjutkan dengan pijat tubuh menggunakan minyak aromatik.
Tradisi spa pernikahanDi budaya pernikahan Amerika Latin dan Asia, biasanya pasangan yang telah bertunangan akan memilih pendamping untuk menuntun dan mendukung mereka memasuki hidup baru. Pendamping ini akan membantu perencanaan pernikahan, menjadi tuan rumah dalam acara prewedding, berpartisipasi di perayaan pernikahan dan berada di sisi pasangan mempelai saat menyatukan kehidupan mereka. Rencanakanlah untuk memilih seseorang yang mendapat tempat khusus di hati Anda untuk berpartisipasi dalam seluruh persiapan dan rangkaian acara pernikahan sebagai cara yang indah untuk berbagi kebahagiaan Anda memasuki hidup baru dengan seseorang yang telah menjadi bagian hidup Anda selama bertahun-tahun.

Kode gaun pernikahan

Mempelai wanita mengenakan gaun pernikahan warna putih, dan merah, dan ungu. Apabila Anda kesulitan memilih satu dari dua gaun pernikahan yang menarik hati, pilihlah keduanya. Di budaya Asia, tamu akan memperhitungkan derajat kemewahan suatu acara pernikahan salah satunya dari berapa kali mempelai wanita berganti gaun pernikahan selama resepsi berlangsung. Satu dekade yang lalu, mempelai wanita asal Amerika juga berganti gaun beberapa kali selama resepsi berlangsung hingga akhirnya mengenakan busana berpergian yang merupakan setelan indah dengan topi selaras. Dan nampaknya kebiasaan klasik ini telah kembali menjadi mode.

Namun tidak berarti Anda harus meninggalkan pesta hanya untuk berganti gaun. Dengan kembalinya ball gowns sebagai model yang banyak diminati calon pengantin, semakin banyak mempelai yang berganti pakaian menjadi gaun dansa untuk resepsi dengan cara memilih gaun pernikahan two-in-one. Tetap berwarna putih, namun lebih ramping. Seringkali juga perpaduan dua budaya yang dibawa oleh sepasang calon pengantin digambarkan melalui busana yang dikenakan. Misalkan dengan mengenakan kimono – Jepang, Qipao – Mandarin, Sari – India, atau kebaya – Indonesia pada upacara pernikahan dan kemudian berganti menjadi gaun pernikahan modern a la barat saat resepsi.

Tradisi kimono pernikahan

Apabila Anda tidak nyaman dengan kerudung, Anda dapat mempertimbangkan hiasan kepala berupa rangkaian rosemary seperti yang dilakukan pengantin Czechoslovakia. Para tamu juga dapat bergabung dalam kebahagiaan saat pendamping wanita memberikan setangkai bunga tersebut sebagai simbol kesuburan. Apabila Anda lebih tertarik mengenakan mahkota, Anda dapat memilih tradisi budaya pernikahan Finlandia dan Norwegia dengan menambahkan aksen hiasan kepala Anda menggunakan perak dan emas.

Sepatu pernikahan juga memiliki dampak yang penting. Mempelai wanita asal Inggris biasanya menempatkan 6 pence pada salah satu sepatunya sebagai simbol keberuntungan sebelum berjalan menuju altar. Dan selain melakukan cara melempar bunga tangan untuk mencari wanita single lain yang akan menyusul menuju pernikahan, di Turki biasanya menggunakan sepatu dari mempelai wanita. Setiap wanita single akan menandatangani bagian bawah sepatu mempelai wanita, dan di akhir pesta, nama yang terlihat paling lusuh menjadi wanita yang diprediksi akan menyusul menuju jenjang pernikahan.

Jika mengenai bunga tangan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lavender seperti yang dilakukan mempelai asal Inggris dan Irlandia. Bunga tersebut akan menjadi simbol bertahan pada masa yang paling sukar dalam mengarungi kehidupan pernikahan. Sebagai pengganti bunga tangan, Anda dapat mempertimbangkan kipas hiasan a la Asia.

Tradisi buket lavender pernikahan

Bersiap untuk upacara pernikahan

Bagi pasangan Skotlandia, masuk menuju upacara pernikahan tanpa iringan piano adalah hal yang biasa. Umumnya pasangan ini akan diiringi dengan bagpipe yang membuat harmonisasi yang indah.

Keindahan dari huppah Yahudi, kanopi yang ditopang oleh empat tiang, telah menarik minat pasangan calon pengantin dari berbagai denominasi. Sekarang ini huppah tersebut umumnya dimodifikasi menjadi rangkaian bunga berbentuk melengkung dimana dibawahnya sepasang kekasih mengucap janji setia.

Mengikuti kebiasaan Moravia, mempelai laki-laki dan perempuan menyalakan sebuah lilin, kemudian menyebarkan apinya ke para tamu yang masing-masing memegang lilin. Bayangkan betapa indahnya suatu tempat yang gelap disinari cahaya lilin dari keluarga dan kerabat, suatu suasana indah yang dapat dialami oleh pasangan calon pengantin.

Sebagai simbol menyatunya kedua mempelai dalam ikatan suci pernikahan, biasanya dilakukan dengan acara pemasangan cincin nikah. Namun ada juga tradisi berbeda dari sejumlah negara dengan arti yang serupa, seperti tradisi Filipina dimana pasangan disimbolkan menjadi satu dengan cara mengalungkan laso dan kerudung di sekitar pasangan. Cara lainnya pada pasangan Afrika, mereka melangsungkan pernikahan dengan kondisi pergelangan tangan yang terikat satu sama lain.

Setelah mengikrarkan janji pernikahan, biasanya mempelai pria akan mengumumkan secara resmi bahwa mereka telah menjadi suami istri. Di Yahudi, mempelai pria akan mengetuk sebuah gelas anggur yang dibungkus dengan kain sebagai tanda menangkal nasib buruk dalam pernikahan mereka. Pasangan Afrika-Amerika memiliki kebiasaan melompati sapu sebagai simbol melompati ambang pintu menuju masa depan bersama. Sementara di Filipina, pasangan pengantin akan melepaskan burung merpati sebagai simbol cinta mereka yang abadi.
Tradisi merpati pernikahan

Saat perayaan tiba

Di Cina, pasangan pengantin baru akan minum dari gelas yang disatukan dengan benang merah sebagai tanda bersatunya dua insan dan simbol keberuntungan.

Untuk bagian makanan kecil, pernikahan di Perancis akan selalu menyajikan croquembouche, piramida gula bertabur krim puff sebagai ganti kue pengantin. Di Inggris, para tetangga akan menawarkan kue buah yang isinya penuh dengan kismis, almond dan ceri, dimana bagian teratas kue ini akan disimpan sebagai kue pembaptisan untuk kelahiran anak pertama mereka. Di Italia, Asia dan Amerika latin, pesta pernikahan akan dilengkapi dengan berbagai kue kecil yang khusus dibuat oleh para bibi tercinta disamping kue pengantin untuk menambah ‘manisnya’ kehidupan rumah tangga yang baru terbentuk.

Tradisi kue pengantin

Anda juga dapat mempersiapkan souvenir pernikahan spesial untuk pasangan Anda. Sebagai contoh, mempelai pria Inggris biasanya akan mempersiapkan ‘sendok cinta’ yang telah diukir sebagai hadiah pertunangan untuk pasangannya.

Dan jangan biarkan acara pernikahan Anda berakhir hanya dengan resepsi. Lanjutkan perayaannya seperti yang dilakukan pasangan pengantin Italia, yaitu berparade keliling kota dengan meriah menuju hotel tempat mereka berbulan madu. (Smb/theknot).

Berbicara adat pernikahan, baca artikel menarik lainnya Tips Menata Dan Menghias Hantaran – Seserahan Pernikahan


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *