Pilihan Jenis dan Warna Batu Untuk Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan adalah simbol janji ikatan cinta antar seorang pria dan wanita yang memutuskan untuk hidup bersama, bersatu hingga akhir hayat. Oleh karena itu, seharusnya cincin pernikahan menggambarkan tidak hanya komitmen diantara sepasang mempelai, namun juga mencerminkan kepribadian dan selera gayanya. Cincin tersebut selayaknya memiliki arti yang mendalam bagi mempelai. Dari segi selera, meskipun cukup banyak mempelai yang menyukai cincin pernikahan polos, namun tetap ada yang lebih memilih cincin yang dipermanis dengan tampilan bebatuan berharga, seperti potongan berlian yang cemerlang.

Jenis Batu Berharga untuk Cincin Pernikahan

Cincin Nikah Berwarna

Pada umumnya mempelai yang menginginkan cincin pernikahan yang divariasi dengan batu berharga akan menjatuhkan pilihannya pada berlian putih yang cantik. Namun sebenarnya ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan, antara lain:

Berlian

Sebagai batu berharga tradisional bagi berbagai cincin termasuk cincin pernikahan, memang berlian sampai sekarang tetap menjadi idola. Batu ini dapat menambah gaya pada penampilan sehari-hari, paling berkilau diantara batu berharga lainnya dan dapat dipotong dalam berbagai bentuk. Mayoritas konsumen memilih berlian bening untuk hiasan di cincinnya, namun berlian berwarna seperti pink, merah, biru, hijau, cokelat, silver dan hitam juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengkolaborasikan dan menciptakan cincin pernikahan yang tradisional dan unik. Beberapa jenis potongan berlian yang digemari antara lain bentuk hati, princess, brilliant, marquise atau pear.

Birthstones (Batu kelahiran)

Tidak semua birthstones atau batu yang mencerminkan periode kelahiran seseorang cocok digunakan pada cincin pernikahan. Beberapa birthstones yang biasanya dipilih antara lain ruby, safir dan tanzanite. Namun, beberapa jenis lainnya seperti emerald tidak cocok untuk cincin kawin, karena batu tersebut mudah rusak jika digunakan sehari-hari. Idealnya, batu berharga yang digunakan di cincin pernikahan harus memiliki tingkat kekerasan minimum 7. Meskipun beberapa mempelai memilih batu kelahirannya untuk hiasan pada cincin pernikahannya, ada juga yang lebih memilih birthstone yang sesuai seleranya.

Berikut daftar batu kelahiran menurut bulan:

batu Birthstones

Januari

Bagi Anda yang lahir di bulan Januari, batu tradisionalnya adalah Garnet. Jenis batu ini menggambarkan kemurnian, kebenaran, kesetiaan dan kepedulian. Batu yang berwarna merah ini dipercaya dapat membantu seseorang dalam hal komitmen, kepedulian, regenerasi, wawasan dan membuang hal-hal negatif. Dipercaya juga, Garnet ada kaitannya untuk menyembuhkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan darah, jantung dan paru-paru. Bagi kepercayaan Hindu, batu yang sesuai untuk Anda yang lahir di bulan Januari adalah ruby.

Februari

Batu Amethyst (kecubung) yang mewah dipercaya menjadi batu tradisional bulan ini. Batu tersebut ditengarai akan membawa kestabilan, damai, keseimbangan, keberanian, kekuatan batin, ketulusan dan ketenangan bagi pemakainya. Di segi kesehatan, batu berwarna ungu ini dipercaya dapat menjadi solusi bagi masalah kecanduan, sakit kepala, insomnia, arthritis, nyeri, peredaran darah dan kesehatan secara keseluruhan.

Maret

Anda yang lahir pada bulan Maret akan memiliki batu Aquamarine sebagai batu kelahirannya. Batu berwarna biru kehijauan ini terkait dengan kesetiaan, keberanian dan persahabatan. Aquamarine juga terkenal dapat mengatasi masalah kesehatan yang terkait tenggorokan dan stres.

April

Bersyukurlah jika Anda lahir di bulan April, karena batu tradisional bulan ini adalah batu berharga yang dikenal abadi dan menjadi pilihan mayoritas mempelai untuk cincin pernikahannya, berlian. Batu cemerlang ini berkaitan dengan nasib baik, proteksi, peningkatan hubungan, menambah kekuatan batin, kejernihan pikiran, keseimbangan dan kelimpahan.

Mei

Emerald adalah batu tradisional bulan ini. Batu berwarna hijau yang memikat dan misterius ini dikaitkan dengan kesetiaan, kepercayaan dan persahabatan. Batu ini dapat mengurangi masalah kesehatan yang terkait dengan mata, kesuburan, sakit kepala dan masalah sumsum tulang belakang.

Juni

Mutiara yang dipercaya terkait dengan kesetiaan, loyalitas dan persahabatan adalah batu tradisional bulan Juni. Mutiara sangat cocok untuk mengatasi masalah kesehatan terkait dengan jantung, limpa, lambung, usus dan ulkus.

Juli

Ruby menjadi batu tradisional bagi Anda yang lahir di bulan ini. Batu merah nan mewah ini dikaitkan dengan pengabdian, integritas, keberanian dan kebahagiaan. Ruby dipercaya dapat membantu menjernihkan darah dan mendorong seseorang untuk berpikiran positif.

Agustus

Untuk bulan ini, Peridot atau dikenal dengan “evening emerald” menjadi batu tradisionalnya. Batu berwarna hijau muda mencerminkan kekuatan, pengaruh, cinta, kebenaran, kesetiaan dan loyalitas, ketenaran, martabat dan perlindungan. Batu ini dianggap baik untuk mengatasi masalah kesehatan terkait paru-paru, getah bening, payudara dan sinus.

September

Batu berwarna biru menjadi bagian bulan September, yaitu batu safir. Safir terkait dengan kebiasaan berbicara jujur, ketulusan, keteguhan, wawasan dan interpretasi. Batu ini membantu mengatasi radang, kanker, luka bakar, masalah pendengaran dan dapat menurunkan demam.

Oktober

Opal yang terkait dengan harapan, kepolosan, kemurnian, kebahagiaan, kesetiaan, loyalitas dan kepercayaan diri menjadi batu tradisional bulan Oktober. Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan mata dipercaya dapat dibantu kesembuhannya dengan batu Opal.

November

Batu bernuansa kuning kecoklatan, Topaz, menjadi batu tradisional November. Batu ini menggambarkan keteguhan, kesetiaan, loyalitas, persahabatan, kekuatan, mengatasi ketegangan dan menstabilkan emosi. Beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasinya adalah asma, asam urat, TBC, kelainan darah, gangguan jiwa dan insomnia.

Desember

Batu yang terkait dengan kemakmuran, sukses, kebahagiaan dan masa depan yang baik adalah bagian bulan Desember. Batu Turqoise dipercaya dapat melindungi dari semua masalah penyakit.

Batu bermakna sentimentil

Mengingat cincin pernikahan dimaksudkan untuk menjadi tanda ikatan dalam suatu pernikahan dan digunakan seumur hidup, maka lebih tepat untuk memilih batu terbaik yang memiliki makna sentimentil, makna khusus bagi kedua mempelai. Misalkan memilih batu berharga yang mencerminkan bulan pertemuan awal kedua mempelai sebagai sepasang kekasih, atau batu berharga yang bersifat warisan dan digunakan pada cincin nikah ibu atau neneknya. Batu yang pernah digunakan oleh orang yang dikasihi akan memiliki arti mendalam bagi Anda.

Pilihan warna batu berharga untuk cincin pernikahan

Warna Bebatuan Berharga

Biru

Jika seorang wanita memakai perhiasan dengan batu berharga warna biru, maka dapat mencermikan seseorang yang pencemburu, sopan dan waspada. Namun jika dikenakan oleh pria, dapat menggambarkan kebijaksanaan dan cara pikir yang mulia.

Beberapa bebatuan yang mengandung warna biru antara lain: Blue Topaz, Aquamarine, Sapphire, Tourmaline dan Blue Diamond.

Merah

Wanita pengguna bebatuan warna merah mencerminkan harga diri yang tinggi, keangkuhan dan kegigihan. Sedangkan bagi pria, bebatuan warna merah melambangkan kekuasaan, martabat, ketuhanan dan pembalasan.

Beberapa bebatuan berwarna merah antara lain: Garnet, Ruby dan Red Diamond.

Merah muda atau ungu

Simbol dari pemikiran tinggi dan kasih rohani bagi pengguna wanita, dan kebijaksanaan bagi pria.

Bebatuan yang memiliki warna ini antara lain Tourmaline, Topaz, Sapphire dan Pink Diamond.

Hijau

Ambisi tanpa alasan, kegembiraan masa kanak-kanak serta perubahan merupakan gambaran bagi wanita pengguna bebatuan warna hijau. Bagi pria, warna ini menggambarkan kegembiraan, harapan sementara dan penurunan kadar persahabatan.

Emerald, Sapphire, Tourmaline dan Green Diamond adalah beberapa bebatuan yang memiliki warna hijau.

Kuning atau jingga

Batu warna kuning merupakan gambaran kemurahhatian pada wanita dan kerahasiaan pada pria.

Tourmaline, Sapphire, Topaz dan Yellow Diamond adalah bebatuan yang memiliki warna kekuningan.

Hitam atau coklat

Sebuah bebatuan berwarna hitam menggambarkan cinta yang kokoh dan ketekunan bagi wanita, serta gravity, akal sehat, keteguhan dan kekuatan untuk pria.

Beberapa bebatuan di rentang warna ini antara lain Spinel dan Black Diamond. (Jv/buzzle, ehow).


, Cincin Nikah
Admin November 17, 2012 5

One thought on “Pilihan Jenis dan Warna Batu Untuk Cincin Pernikahan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *