Tips Ciptakan Foto Pre Wedding Cantik nan Alami

Bagi calon pengantin, melakukan foto pre wedding merupakan salah satu momen yang paling seru dalam rangkaian persiapan menuju acara pernikahan. Dulunya, foto pre wedding pada umumnya dilakukan di studio foto dengan berbagai background buatan serta pose-pose terbatas. Namun keterbatasan kreatifitas dalam menciptakan foto pre wedding yang cantik tersebut menggeser kebiasaan itu, sehingga saat ini kebanyakan calon mempelai melakukan pengambilan foto pre wedding di alam terbuka. Kini, calon mempelai mendapatkan lebih banyak pilihan untuk menampilkan kepribadian mereka dalam gaya unik penuh kreatifitas dan imajinasi dalam sesi foto pre wedding.

Perkembangan dunia fotografi juga tentunya mendukung keberhasilan menciptakan foto pre wedding yang cantik nan alami. Sekarang ini, sudah bukan suatu keanehan apabila di gedung pernikahan ditampilkan berbagai momen indah dari pasangan mempelai, baik saat menjelajah di alam terbuka, mendaki gunung atau bersenda gurau di sebuah perahu motor. Bahkan ada juga calon mempelai yang menggunakan jalan raya yang masih lengang di pagi hari untuk melakukan foto pre wedding dengan duduk di tengah jalan. Kesemuanya itu dilakukan demi memperoleh hasil foto pre wedding yang indah serta unik tak terlupakan.

Foto Pre wedding

Tentunya, untuk dapat menghasilkan foto pre wedding terbaik, Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting. Beberapa tips persiapan sesi foto tersebut diantaranya:

Menentukan tema foto pre wedding

Apakah Anda ingin menampilkan sesuatu yang selaras dengan kepribadian Anda? Contohnya, bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha yang terbiasa dengan keramaian, Anda dapat memilih suasana kota (urban city) yang modern untuk menunjukkan diri Anda dan pasangan sebagai eksekutif muda. Atau Anda ingin mencoba menampilkan hal-hal unik dari diri Anda yang tidak banyak diketahui orang lain, termasuk di dalamnya hobi unik Anda dan pasangan? Sebagai contoh, bagi Anda yang memiliki hobi panjat tebing, dapat memilihnya sebagai tema foto pre wedding. Harus diperhatikan, jangan memilih tema yang membuat salah satu calon mempelai merasa tidak nyaman, karena rasa tidak nyaman tersebut pasti akan tercermin pada hasil foto pre wedding.

Memilih fotografer handal

Untuk menciptakan foto pre wedding yang diidamkan, tentunya Anda dan pasangan harus berkolaborasi dengan fotografer. Dalam hal ini, sangat penting untuk memilih fotografer profesional yang mampu menciptakan foto pre wedding sesuai dengan impian calon mempelai. Artinya, selain memilih berdasarkan portfolionya, Anda juga perlu mewawancarai fotografer tersebut untuk menyelami apakah kepribadiannya cocok dengan Anda berdua. Jika berhasil menemukan fotografer yang cocok dan mampu mengarahkan Anda dengan baik, maka kemungkinan terciptanya foto-foto spektakuler tentu semakin terbuka lebar.

Fotografer Foto Prewedding

Salah satu keuntungan memilih fotografer yang “akrab” dengan pasangan calon mempelai adalah dapat menginspirasi emosi pasangan yang pada umumnya awam berhadapan dengan kamera. Senyum dan pose kaku dari sepasang mempelai dapat diatasi oleh seorang fotografer handal melalui diskusi atau obrolan dalam suasana rileks dan santai, kadangkala diselingi humor yang menyegarkan, sehingga ia dapat mengendalikan emosi dari calon mempelai dalam menciptakan foto pre wedding impiannya.

Memilih lokasi foto pre wedding

Lokasi Foto Pre wedding

Setelah menentukan tema dan memilih fotografer, kini calon mempelai dapat mulai melakukan survei lokasi yang tepat untuk pengambilan foto pre wedding. Lokasi yang tepat tidak selalu merupakan lokasi yang mewah atau berkesan mahal. Seperti telah disebutkan di atas, bahkan jalan raya-pun dapat menjadi lokasi terbaik untuk menghasilkan foto pre wedding terbaik. Bagi Anda yang memilih untuk menampilkan suasana alami, dapat mempertimbangkan suasana danau, taman, hutan kota, jalan setapak dan sebagainya.

Bagi pasangan calon mempelai yang memilih sesi foto pre wedding di alam terbuka, sebaiknya juga memilih lokasi indoor sebagai cadangan apabila pada waktu pemotretan yang ditentukan ternyata kondisi cuaca tidak mendukung.

Memilih busana untuk foto pre wedding

Faktor penting lainnya dalam mempersiapkan sesi foto pre wedding adalah pemilihan busana. Fotografer yang baik akan memberi kebebasan bagi calon mempelainya untuk memilih busana sendiri yang disesuaikan dengan pilihan tema, namun juga memberikan berbagai masukan berharga. Anda harus memastikan bahwa busana yang dipilih benar-benar pas untuk tema prewedding yang dipilih dan cocok di badan, sehingga tidak membuat masalah baru saat pemotretan berlangsung. Terutama bagi yang memilih tema-tema yang membutuhkan banyak gerakan, seperti tema alami di pantai atau hutan, sebaiknya memastikan bahwa gaun atau jas yang dikenakan tidak menghalangi gerak Anda. Sebaiknya Anda mencoba busana tersebut terlebih dahulu dan melakukan berbagai gerakan.

Busana Foto Prewedding

Selain busana, Anda juga harus berhati-hati memilih sepatu yang cocok untuk sesi foto pre wedding. Ada kemungkinan dalam pemotretan Anda perlu berjalan cukup jauh atau bahkan harus melakukannya di lokasi berlantai tanah liat. Memilih sepatu yang tidak sesuai tentu akan sangat menyulitkan dan dapat merusak emosi Anda yang tentunya akan memperburuk penampilan di foto pre wedding.

Ada baiknya juga Anda membawa busana dan sepatu cadangan waktu sesi foto pre wedding berlangsung. Dengan demikian, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalkan gaun /jas sobek tersangkut pohon atau basah kehujanan, Anda sudah siap dengan gantinya tanpa harus merusak acara pemotretan tersebut.

Persiapkan diri Anda dan pasangan

[quote style="quote-style2"]Perlu diingat, keberhasilan foto pre wedding sangat ditentukan oleh kondisi emosional dari pasangan calon mempelai. Sebaik apapun persiapan yang Anda lakukan, kadang dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu emosi Anda. Misalkan tiba-tiba Anda atau pasangan mengalami cegukan terus menerus. Jika hal ini ditanggapi dengan penuh emosi, kesal dan marah, tentu akan berakibat buruk untuk hasil foto pre wedding Anda. Oleh karena itu, kedua calon mempelai harus berusaha mengontrol emosi dan berpikiran positif serta mengingat bahwa apapun yang terjadi, sesi foto pre wedding harus menjadi momen yang menyenangkan dan penuh kenangan.[/quote]

Calon mempelai yang menjalani sesi foto pre wedding akan memperoleh beberapa keuntungan, diantaranya:

  • Membangun rasa percaya diri kedua pasangan dalam bergaya di depan kamera. Sehingga saat acara pernikahan berlangsung, keduanya sudah cukup ahli untuk menampilkan pose-pose yang cantik.
  • Memberi gambaran pada calon mempelai tentang perasaan mereka saat momen istimewa tersebut tiba, termasuk berbagai tekanan emosi yang mungkin hadir saat itu.
  • Mengetahui kondisi dan situasi terbaik yang nyaman bagi Anda dan pasangan untuk bekerjasama.
  • Memberi pengalaman bagi Anda dan pasangan untuk secara terbuka bertukar ide serta membuat ide tersebut menjadi kenyataan.

, , , Tips
Admin February 16, 2013 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *