Pernikahan Hemat : Cara Merencanakan Pernikahan Murah Meriah

Tentunya semua calon pengantin akan berharap pernikahannya menjadi suatu momen istimewa yang akan dikenang seumur hidup. Namun kendala utama yang menghadang biasanya adalah masalah keterbatasan biaya. Beberapa unsur pendukung pernikahan mulai dari gedung pernikahan dan kelengkapannya, jas dan gaun pernikahan hingga souvenir pernikahan pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, sebaiknya pasangan calon pengantin dapat mengatur anggaran sebijaksana mungkin agar dapat memperoleh pernikahan murah meriah tanpa harus mengalami kebangkrutan.

Rangkaian acara pernikahan yang menelan biaya besar tidak menjamin dapat menjadi momen yang tak terlupakan. Begitu juga dengan kemeriahan serta keakraban yang terjalin di suatu resepsi pernikahan, seringkali tidak tergantung kepada kemewahan suatu gedung pernikahan ataupun sajian makanan catering pernikahan yang mahal. Hal yang harus diingat adalah momen pernikahan merupakan hari istimewa dimana dua insan menyatakan janji sehidup semati yang selayaknya dirayakan bersama keluarga besar dan teman-teman dalam suasana yang akrab dan kekeluargaan.

Agar mendapatkan momen istimewa tak terlupakan di hari pernikahan Anda tanpa harus menguras kantong Anda secara berlebihan, berikut beberapa tips yang patut dicoba:

Tentukan anggaran Anda

Sebelum mulai berburu kue pengantin ataupun jas dan gaun pernikahan, sebaiknya Anda bersama pasangan dan keluarga berdiskusi terlebih dahulu tentang berapa anggaran yang mampu disediakan untuk merayakan pernikahan Anda. Pertimbangkan berapa pemasukan dan pengeluaran Anda dalam sebulan, sehingga dapat ditentukan berapa banyak uang yang dapat disisihkan setiap bulan untuk acara pernikahan. Ingatlah bahwa Anda harus mampu membiayai serangkaian acara pernikahan, mulai dari upacara, resepsi hingga bulan madu.

pernikahan hemat

Pilih prioritas Anda

Tentukan terlebih dahulu hal yang ingin Anda utamakan pada pernikahan Anda. Sebagai contoh, jika Anda menginginkan gedung pernikahan yang mewah, berarti sekitar setengah dari anggaran Anda akan dipersiapkan untuk hal tersebut. Dan itu juga berarti, Anda harus berhemat di keperluan lainnya, termasuk gaun pernikahan.

Rencanakan pernikahan dalam jangka waktu yang cukup panjang

Saat Anda memutuskan untuk menikah, sebaiknya jangan menentukan tanggal pernikahan dalam waktu singkat. Persiapkan waktu yang cukup panjang agar Anda dan pasangan dapat mematangkan persiapan biaya.

daftar anggaran pernikahan

Pilihlah pernikahan yang sederhana

Seperti telah dikatakan sebelumnya, pernikahan yang istimewa tidak berarti pernikahan yang super megah. Memperkecil jumlah tamu undangan pernikahan Anda berarti juga menghemat biaya dalam jumlah yang cukup besar dari sisi catering, undangan hingga souvenir pernikahan. Bagi Anda yang memiliki anggaran sangat terbatas, utamakan untuk mengundang keluarga terdekat dan teman karib. Selanjutnya, pikirkan juga pernikahan yang lebih kasual seperti pesta koktail dan atau makan malam dengan jamuan sederhana agar lebih banyak tamu yang dapat diundang.

Cerdik dalam berbelanja

Buatlah daftar rincian harga terbaik dari barang-barang yang Anda butuhkan untuk pernikahan. Mulai dari jas, gaun pernikahan, bunga, dekorasi, catering, fotografer, undangan hingga souvenir pernikahan. Anda dapat melakukan hal ini secara mudah jika rajin berselancar online atau dengan mengunjungi berbagai pameran pernikahan. Biasanya beberapa vendor pernikahan akan memberikan diskon khusus serta berbagai hadiah menarik bagi Anda yang melakukan transaksi selama pameran berlangsung. Bahkan ada yang menyediakan paket bulan madu sebagai hadiahnya, yang berarti Anda dapat menghemat biaya cukup besar untuk perjalanan bulan madu Anda.

Pintar memilih gaun pernikahan

Gaun pernikahan juga merupakan salah satu faktor yang menghabiskan biaya cukup besar. Apalagi bila calon mempelai berniat untuk memilih desain tertentu serta membeli gaun pernikahannya. Untuk lebih menghemat, Anda dapat menyewa gaun pengantin yang sudah tersedia (bukan dibuat baru), namun masih tetap bagus jika dikenakan. Atau ada sebagian keluarga yang memiliki kebudayaan ‘mewariskan’ gaun pengantin turun temurun. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya cukup banyak.

gaun pernikahan sederhana

Pilihlah waktu yang ‘sepi’

Seperti diketahui, ada bulan-bulan tertentu yang sangat diidolakan oleh pasangan calon mempelai untuk menggelar acara pernikahan. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda menghindari ‘musim pernikahan’ dan merayakannya di waktu yang tidak biasa. Umumnya para vendor pernikahan lebih mudah memberikan potongan harga yang cukup besar di awal tahun, mulai Januari hingga Maret, kecuali hari Valentine 14 Februari. Selanjutnya, Anda juga dapat memilih hari yang tidak biasa digunakan untuk pernikahan diluar hari Sabtu dan Minggu. Dan untuk lebih menghemat biaya, Anda dapat memilih satu tempat atau gedung pernikahan untuk melaksanakan upacara sekaligus resepsi pernikahan.

Kerjakan sendiri

Saat ini, sangat mudah untuk membuat undangan pernikahan dengan bantuan komputer dan jaringan internet. Anda bisa menemukan banyak situs yang memuat berbagai ide undangan pernikahan dengan sistem DIY (do it yourself) yang elegan, namun mudah dikerjakan dan tentunya lebih murah. Disamping undangan pernikahan, Anda juga dapat lebih kreatif untuk dapat menyajikan souvenir pernikahan buatan tangan sendiri.

Buat daftar pertolongan

Apakah Anda memiliki teman yang ahli di bidang fotografi? Atau seseorang yang ahli di bidang dekor? Atau mungkin Anda punya keluarga yang bisa mempersiapkan hidangan pesta? Anda dapat membuat daftar teman atau teman dari teman Anda yang memiliki keahlian yang dapat mendukung pernikahan Anda yang biasanya akan memberikan diskon khusus bagi orang yang dikenal.
Persiapkan musik pengiring resepsi

Menyewa jasa grup musik untuk mengiringi resepsi pernikahan biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Anda dapat menggantinya dengan memanfaatkan berbagai situs musik online dan mp3 atau menciptakan daftar lagu yang Anda sukai untuk diputar sepanjang resepsi. Cara ini juga dapat digunakan dalam mempersiapkan musik pengiring upacara pernikahan. Atau Anda dapat mencari teman yang memiliki bakat musik dan mampu bermain piano atau biola untuk mengiringi upacara pernikahan Anda.

Hindari sajian utama

Sajian makanan merupakan pengeluaran terbesar dalam pernikahan. Sebaiknya Anda menyajikan hidangan a la buffet dibandingkan hidangan per meja. Pertimbangkan juga untuk mengadakan resepsi dengan menghindari waktu makan siang atau makan malam (mengadakan resepsi pada pagi atau tengah hari) sehingga hanya perlu menyediakan beraneka kue dan camilan dengan beragam jenis minuman.

kue pengantin sederhana

Begitu pula untuk kue pengantin, dalam rangka mendapatkan penikahan hemat murah meriah, Anda dapat memilih kue pengantin yang sederhana hanya sebagai simbol dan untuk para tamu, Anda mempersiapkan kue tart biasa yang sudah dipotong-potong. (Smb/kfvs12).

Memiliki kue pengantin sangat penting. Baca artikel ini Tips Memilih Kue Pengantin Yang Unik


, Tips
Admin June 27, 2012 5

One thought on “Pernikahan Hemat : Cara Merencanakan Pernikahan Murah Meriah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *