Tips Memilih Kue Pengantin Yang Unik

Kue pengantin adalah salah satu bagian terpenting dalam resepsi dan perayaan pernikahan. Umumnya dalam satu pesta pernikahan akan ada momen spesial yang berkaitan dengan kue tersebut. Sepasang mempelai akan mulai memotong kue pengantin secara bersama sebagai simbol dimulainya kerjasama antara suami istri dalam membina keluarga baru. Kemudian mempelai laki-laki akan menyuapi sepotong kue pengantin kepada pasangannya dan sebaliknya. Tradisi ini juga menandai komitmen antara sepasang suami istri untuk saling melayani. Setelah itu akan diikuti dengan momen menyantap satu potong kue pengantin secara bersama-sama dengan makna selalu berbagi antara suami istri dalam mengarungi kehidupan rumah tangga yang akan dilalui hingga kakek nenek.

Berikut ini beberapa tips memilih kue pengantin yang lezat dan unik:

Kumpulkan ide mengenai kue pengantin

Akan sangat menguntungkan apabila calon pengantin memiliki ide yang sempurna mengenai kue pengantinnya, baik dalam segi bentuk, ukuran, warna, jumlah tingkatnya serta rasa yang diinginkan. Oleh karena itu, menjadi gagasan yang baik apabila Anda mulai mengkoleksi ide dan inspirasi mengenai kue pengantin saat Anda mulai mempersiapkan pernikahan.

Berbagai ide kue pengantin sekarang ini dapat dengan mudah diperoleh dari berbagai situs pernikahan online, majalah pernikahan dan situs toko kue pengantin yang memberi informasi dan gambar berbagai model yang dimilikinya. Jika Anda menemukan foto kue pengantin yang disukai, sebaiknya Anda mencetak gambar tersebut dan mulai mengembangkan inspirasi untuk menciptakan kue pengantin idaman. Seorang pembuat kue pengantin yang handal biasanya mampu membuat dekorasi kue pengantin hanya dengan melihat foto dan menyimak ide yang Anda sampaikan.

Kue pengantin

Tentukan tema warna kue pengantin

Banyak orang menghubungkan tema warna pernikahan mereka ke warna kue pengantin, dan ini merupakan awal yang baik bagi seseorang yang sedang memilih kue pengantin. Dengan memadukan warna kue pengantin dan warna inti pernikahan Anda, maka rangkaian pernikahan akan menjadi lebih selaras. Sebagai contoh, apabila warna tema pernikahan Anda adalah ungu, maka Anda dapat memilih kue pengantin dengan hiasan bunga-bunga cantik atau pita berwarna ungu.

Cicipi kue pengantin sebelum Anda memesan

Langkah ini sangat penting dilakukan terlebih bila Anda memilih toko kue pengantin yang belum cukup dikenal reputasinya. Jangan pernah memesan kue pengantin pada suatu toko kue hanya karena kemampuannya mendekorasi kue dengan indah, karena rasa dari kue tersebut haruslah juga sesempurna modelnya. Mintalah agar toko kue tersebut memberikan sampel potongan kue sebelum Anda memesan lebih lanjut. Untuk dapat memperoleh berbagai sampel kue pengantin, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi pameran pernikahan yang melibatkan sejumlah pembuat kue pengantin. Biasanya disana akan tersedia berbagai jenis potongan kue pengantin yang dapat Anda coba.

Ide alternatif untuk Kue Pengantin

Jika jaman dulu kue pengantin biasanya memiliki model ‘tradisional’, dengan balutan cream dan bolu, maka kini berkembang ide alternatif untuk dapat menyajikan kue pengantin yang unik. Kue pengantin seharusnya menjadi sesuatu yang Anda sukai, baik dari segi model dan rasanya. Tidak ada aturan baku mengenai model maupun rasa kue pengantin, semua tergantung dari selera dan kreatifitas dari calon pengantin. Bagi calon pengantin yang menginginkan kue pengantin yang unik, berikut ini beberapa ide alternatif yang dapat dipertimbangkan:

  • Kue Pengantin Cupcakes

Cupcakes telah menjadi populer bebera tahun belakangan ini dan merupakan pilihan tepat untuk dapat menyajikan berbagai tipe kue kepada para tamu dalam satu kesatuan kue pengantin. Anda dapat memilih rasa yang bervariasi dipadukan dengan hiasan yang menggunakan warna sesuai tema pernikahan. Juga dapat memilih variasi warna yang tetap sejalan dengan warna inti pernikahan.

kue pengantin cupcakes

Anda juga dapat berkreasi lebih lanjut dengan model tiang penyangga yang akan menyatukan sejumlah cupcakes menjadi satu kesatuan kue pengantin. Bagi calon pengantin yang tetap menginginkan adanya momen pemotongan kue pengantin pada resepsi pernikahannya, dapat juga menyajikan kue pengantin tradisional dari bolu berbentuk bulat pada beberapa tingkat teratas kue pengantinnya. Keuntungan lainnya bagi calon pengantin yang memilih cupcakes sebagai kue pernikahannya adalah kue tersebut dapat dengan mudah disajikan ke para tamu tanpa perlu dipotong-potong sebelumnya.

  • Kue Pengantin Cheesecakes

Pilihan lainnya yang dapat dipertimbangkan untuk kue pengantin adalah cheesecake. Mungkin ide ini terdengar agak aneh karena biasanya kue pengantin yang dikenal adalah yang terbuat dari bolu, baik bolu vanilla maupun bolu Surabaya. Namun ide membuat kue pengantin dari cheesecake juga dapat menjadi ide cemerlang.

kue pengantin cheesecakes

Satu loyang cheesecake berbentuk bulat dengan hiasan a la kue pengantin akan menjadi ide yang sangat baik apabila calon pengantin tidak terlalu menyukai rasa manis. Paduan rasa asin dan manis dari cheesecake akan membuat pasangan pengantin dapat menikmatinya saat sarapan pertama setelah perayaan pernikahan usai.

  • Kue Pengantin Coklat

Bagi pasangan pengantin yang juga merupakan penggemar fanatik dari coklat, tidak ada salahnya memilih kue coklat untuk menjadi kue pengantin mereka. Bukan hanya bolu coklat saja, namun juga dapat dipadukan dengan selai coklat dan hiasan dekorasi coklat. Jika Anda masih menginginkan sedikit model ‘tradisional’ pada kue pengantin, sebaiknya memilih kue yang dihias dengan coklat putih. Jika Anda memilih kue pengantin dari kue coklat, maka saat dibagikan ke para tamu, sebaiknya dipotong dalam ukuran yang lebih kecil karena kue coklat akan sangat mengenyangkan bila disantap.

kue pengantin chocolatecake

  • Kue Pengantin Biskuit Coklat

Ide ini datang dari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Saat pernikahan akbar tersebut digelar, pasangan pengantin kerajaan tersebut memilih untuk menyajikan 2 kue pengantin, satu diantaranya adalah kue pengantin yang terbuat dari paduan biskuit coklat.

kue pengantin biskuit coklat

Kue pengantin dari biskuit coklat tersebut dibuat oleh McVitie dengan resep rahasia keluarga kerajaan yang berbahan dasar antara lain biskuit Rich Tea yang dihancurkan dan dark chocolate. Kue biskuit coklat tersebut kemudian dihiasi dengan bunga-bunga yang terbuat dari gula (dapat dimakan) dan berbagai hiasan lainnya. (Smb/Myweddingdayonly).

Lihat Trend Pernikahan 2012, Mulai Dari Gaun Hingga Souvenir Pernikahan


Tips
Admin June 8, 2012 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *