Ide Menciptakan Undangan Pernikahan Ramah Lingkungan

“Selamatkan pohon” tentu bukan hanya menjadi slogan semata, khususnya di jaman sekarang dengan isu pemanasan global yang bergulir kencang. Salah satu peralatan pernikahan yang terlibat langsung dalam kelestarian pohon adalah undangan pernikahan, yang terbuat dari kertas. Meminimalkan jumlah kertas yang digunakan untuk undangan pernikahan beserta perlengkapan lainnya, termasuk kartu ucapan terima kasih, tentunya memberikan dampak yang cukup besar. Selain kertas, tentunya dalam proses pencetakan undangan pernikahan, banyak unsur kimia yang terlibat – yang juga berdampak kurang baik terhadap lingkungan.

Beberapa tips untuk menghasilkan undangan pernikahan yang ramah lingkungan antara lain :

Gunakan kertas daur ulang

Salah satu langkah mengurangi penggunaan kertas yang berakibat meningkatnya penebangan kayu adalah dengan memilih kertas daur ulang untuk pembuatan undangan pernikahan. Kertas daur ulang merupakan kertas yang pernah digunakan dan kemudian diproses ulang menjadi kertas baru tanpa menebang satu pohon pun. Dengan menggunakannya sebagai bahan dasar undangan pernikahan, berarti Anda ikut terlibat mempromosikan langkah pelestarian lingkungan.

Selain itu, kertas daur ulang juga dapat memberi tampilan unik yang berbeda pada undangan pernikahan. Untuk menambah kesan ramah lingkungan, Anda dapat menambahkan desain undangan pernikahan dengan berbagai aksesoris seperti tali jerami, daun kering atau menampilkan gambar-gambar yang mendukung usaha Anda untuk melestarikan lingkungan.

Kurangi sisipan pada undangan pernikahan

Pintar-pintarlah menyiasati banyaknya informasi yang ingin disajikan melalui undangan pernikahan. Hindari penggunaan sisipan (jika memungkinkan), dan kombinasikan menjadi desain yang menarik dalam satu kartu utama.

undangan pernikahan ramah lingkungan

Minimalkan pengiriman undangan pernikahan melalui pos

Pertimbangkan untuk menginformasikan rangkaian kegiatan dalam acara pernikahan Anda secara online. Dengan demikian, Anda bahkan sama sekali tidak memerlukan kertas untuk menciptakan undangan pernikahan.

Kursi tamu dengan gaya tanpa kertas

Bagi Anda yang memilih untuk melangsungkan resepsi pernikahan dengan meja dan kursi (bukan a la buffet), maka pastikan untuk meminimalkan penggunaan kertas dalam pengaturan nomor kursi / meja tamu. Anda dapat menginformasikan nomor kursi tersebut dengan menggunakan pita yang diberi hiasan bunga dan dilampirkan saat undangan pernikahan dikirim.

Gunakan tulisan kaligrafi untuk mempercantik undangan pernikahan

Untuk meminimalkan penggunaan berbagai bahan kimia dalam mencetak undangan pernikahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih gaya tulisan tangan kaligrafi. Tidak hanya mampu menampilkan sesuatu yang elegan dan cantik, pastinya cara ini termasuk salah satu cara yang ramah lingkungan. Atau Anda dapat menggunakan tulisan kaligrafi untuk berbagai pernak-pernik lainnya seperti kartu ucapan terima kasih.

Selain memperhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat undangan pernikahan, Anda juga dapat memilih tema-tema ramah lingkungan sebagai tema utama dalam merancang undangan Anda.

Berikut beberapa tema yang mengandung makna ramah lingkungan yang dapat Anda gunakan:

Bunga

undangan pernikahan bunga

Bunga adalah sesuatu yang cantik dan memiliki arti. Pilihlah jenis bunga yang Anda sukai disertai aksen bunga lainnya untuk menciptakan undangan pernikahan dengan suasana alami.

Pantai

Berbagai elemen dari pantai seperti pasir, kerang serta buih air laut dapat menciptakan gaya tersendiri yang alami bagi undangan pernikahan Anda.

Tema Hati

undangan pernikahan hati

Gambar hati sangat mencerminkan cara Anda mengasihi satu dengan lain. Menggunakannya pada undangan pernikahan akan sangat ideal untuk mewakili perasaan cinta Anda terhadap sesama dan lingkungan.

Taman

Tema taman sangat romantis, terlebih jika Anda juga memilih lokasi resepsi pernikahan di taman. Dapatkan inspirasi dari apa yang mengelilingi Anda di taman, seperti kupu-kupu, bunga-bunga yang bermekaran dan sebagainya, dan libatkan semuanya itu dalam rancangan undangan pernikahan Anda.

Asia

Tema undangan pernikahan berdasarkan inspirasi budaya suatu daerah (atau benua) dapat Anda pertimbangkan. Umumnya, tema Asia melibatkan undangan pernikahan yang lebih berwarna, terutama warna merah yang dianggap sebagai warna kegembiraan bagi beberapa negara di Asia.

undangan pernikahan asia

Apapun bahan dan tema yang dipilih untuk undangan pernikahan, pastikan bahwa Anda tidak melupakan faktor ramah lingkungan untuk mengatasi pemanasan global sehingga bumi menjadi lebih ramah. (TeamPreWed/weddinginvitationsideas, theknot).


Undangan
Admin September 5, 2012 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *